Jumat, 29 September 2017

RPP SISTEM PELUMASAN


Satuan Pendidikan : SMKN 36  JAKARTA
Kelas/ Semester : XI/ 3
Mata Pelajaran : Pemeliharaan mesin
Tema : Sistem pelumasan
Pertemuan : 4 - 7
Alokasi Waktu : 24 x 2 x 40 menit

A. Kompetensi Inti
KI 3: Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
KI 4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

B. Kompetensi Dasar
1.2. Memelihara sistem pelumasan dan komponennya.
2.1. Memperbaiki sistem pelumasan dan komponennya.
3.1. Melakukan overhaul sistem pelumasan.

C. Indikator Pencapaian Kompetensi
1. Prinsip kerja sistem pelumasan dijelaskan sesuai buku informasi
2. Teknik pemeliharaan sistem pelumasan dijelaskan sesuai service manual
3. Jenis-jenis gangguan sistem pelumasan dan penyebabnya dijelaskan sesuai buku informasi
4. Perakitan sistem sistem pelumasan dan komponen-komponennya dilaksanakan tanpa me-nyebabkan kerusakan terhadap komponen atau sistem lainnya.
5. Dasar tindakan overhaul sistem pelumasan dijelaskan sesuai hasil pemeriksaan
6. Penggantian komponen sistem pelumasan dijelaskan berdasarkan hasil pemeriksaan.

D. Tujuan Pembelajaran
1. Memahami pemeliharaan/ servis sistem pelumasan.
2. Melaksanakan pemeliharaan/ servis sistem pelumasan.

E. Materi Pelajaran
SISTEM PELUMASAN
a. Fungsi Pelumasan
1). Memperkecil gesekan sehingga mengurangi keausan
2). Mendinginkan komponen (panas komponen berpindah ke oli
3). Sebagai perapat, misal antara ring piston dengan dinding silinder
4). Sebagai pembersih dari keausan bidang lumas

b. Macam- macam Sistem Pelumasan
1). Pelumasan Campur
Digunakan pada kebanyakan mesin stasioner 2 Tak yang kecil dan sepeda motor seperti : Vespa, Yamaha, Suzuki.
Sifat-sifat yang menonjol
• Selalu menggunakan oli baru, karena oli yang tercampur bensin ikut terbakar dan habis.
• Timbul polusi dari gas buang
• Pemakaian oli boros
• Kandungan oli 2 ÷ 4 % dari bensin ( menurut spesifikasi pabrik )
• Pelumasan campur digunakan hanya untuk motor 2 Tak.

2). Pelumasan Tekan

Sifat yang menonjol
·        Pelumasan kontinyu, teratur dan merata
·        Digunakan pada motor Otto (bensin) dan Diesel 4 tak  dan Diesel 2 Tak
·        Oli perlu diganti pada kurun waktu tertentu
Misal : Motor Otto (bensin), oli diganti setiap 10.000 Km
                Motor Diesel , oli diganti setiap 5.000 Km
c. OLI MESIN/MOTOR
Di pasaran banyak oli motor yang ditawarkan pabrik. Bagaimana menentukan oli yang sesuai untuk kebutuhan  motor / engine ? Hal iItu dapat ditentukan melalui spesifikasi oli yang dapat dibaca pada tulisan yang menempel pada kaleng oli.

      1). Spesifikasi Kekentalan (viskositas)
Spesifikasi ini mengikuti standar SAE (Society of Automotive Engineering )

SAE 20 ....
       ­
encer ....
SAE 30 ....
        ­
sedang ....
SAE 50 ....
        ­
kental

Motor (engine) biasanya menggunakan oli SAE 40

         a).Oli “multigrade”
Oli “multigrade” adalah oli yang telah diberi bahan aditif yang dapat meningkatkan kemampuan oli untuk tidak cepat encer bila suhunya naik dan tidak cepat beku pada temperatur rendah.

Contoh : Mesran super SAE 20W-50


Pada temperatur dingin ( W = Winter), kekentalan seperti oli biasa SAE 20
Pada temperatur tinggi, kekentalan sama seperti oli biasa SAE 50

Penggunaan oli “multigrade” tidak lebih menguntungkan pada hawa yang perubahannya tidak banyak / merata seperti di Indonesia.
      2). Spesifikasi Kualitas
Spesifikasi ini mengikuti standar API (American Petrolium Institute).

a). Motor bensin :      SA, SB .... SF


        tugas ringan                                       tugas sangat berat



b). Motor Diesel :       CA, CB .... CF


       tugas ringan                                            tugas sangat berat

 c). Oli yang biasa digunakan pada motor (Engine) :
Motor Otto (bensin) menggunakan oli dengan kualitas SC,SE
Motor Diesel menggunakan oli dengan kualitas CC, CD
Contoh : oli Pertamina yang dapat memenuhi semua kebutuhan normal untuk motor bensin dan motor Diesel adalah Mesran B40 (SAE 40, API SE/ CC)

d). Interval penggantian oli motor
Motor bensin, oli diganti  setiap 10’000 km
Motor Diesel, oli diganti  setiap 5’000 km (lebih cepat kotor)

d. Penggantian Elemen Saringan Oli
Kadang-kadang mesin atau motor kendaraan menggunakan unit saringan oli dengan elemen saringan yang dapat diganti sendiri.
Cara mengganti elemen saringan :
-        Lepas baut pada pusat rumah saringan. Jika rumah saringan melekat/lengket, pukul sedikit dengan palu plastik untuk melepasnya.
-        Cuci rumah saringan dan perlengkapannya. Elemen saringan dan seal nya harus diganti dengan yang baru setiap » 20’000 km.
-        Perhatikan urutan pemasangan perlengkapan baut pengikat!
-        Perhatikan pada pengencangan rumah saringan apakah dudukannya pada  flens dapat memusat dengan benar.
-        Setelah motor terisi oli, hidupkan mesin/motor dan kontrol kebocoran oli.
-        Jika ada oli yang tumpah pada lantai bengkel, maka harus dibersihkan dengan segera.

A.    Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1.      Pendekatan                            : Saintifik

2.      Metode Pembelajaran            : Penugasan, Diskusi Kelompok, Praktek.
A.    Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
A.    Pendahuluan
Guru memberikan salam pembukaan, presensi siswa dan mengkondisikan siswa untuk memulai pembelajaran.
10 menit
B.     Inti
Mengamati
Video pembelajaran tentang servis berkala atau mengamati mekanik yang sedang merawat mesin secara berkala di bengkel

Menanya
Menanyakan hal-hal yang berkaitan dengan perawatan mesin secara berkala

Mengeksplorasi
Mencoba melakukan perawatan mesin) secara berkala,

Mengasosiasi
Menganalisa hasil yang telah dilakukan dalam merawat mesin secara  berkala dan menyimpulkan

Mengkomunikasikan
Membuat laporan dan mempresentasikan hasil
70 menit
     
A.    Penutup
Guru dan siswa menyimpulkan materi ajar tentang prinsip kerja sistem pelumasan, komponen dan prosedur pemeliharaan/ servis sistem pelumasan.
10 menit

A.    Media dan Sumber Belajar
1.      Media                                     : Job Sheet Praktek, LCD Proyektor
2.      Sumber Belajar                       : New Step 1, Buku Praktek, Internet

B.     Penilaian Proses dan Hasil Belajar
1.      Penilaian Proses
No
Aspek Penilaian
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
Instrumen Penilaian
Keterangan
1
Religius
Pengamatan saat kegiatan belajar
Proses
Lembar pengamatan

2
Tanggung jawab




3
Peduli




4
Responsif




5
Santun





Keterangan :
8 0 - 95     = Sangat Baik
70 - 79      = Baik
60 - 69      = Sedang
50 - 59      = Kurang
       2.      Penilaian Hasil Belajar
Indikator pencapaian kompetensi
Teknik penilaian
Bentuk penilaian
Instrumen
















Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RENCAN PROGRAM PENGAJARAN PSPTKR