Rabu, 27 September 2017

RPP PEMELIHARAAN SERVIS SISTEM BAHAN BAKAR

Satuan Pendidikan : SMKN 36 JAKARTA
Kelas/ Semester : XI/ 3
Mata Pelajaran : Pemeliharaan mesin
Tema : Memelihara/servis komponen/ sistem bahan bakar bensin.
Pertemuan : 9 - 16
Alokasi Waktu : 6 x 40 menit
A. Kompetensi Inti
KI 3: Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
KI 4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
B. Kompetensi Dasar
1.2. Memelihara sistem bahan bakar dan komponennya.
2.1. Memperbaiki sistem bahan bakar dan komponennya.
3.1. Melakukan overhaul sistem bahan bakar.

C. Indikator Pencapaian Kompetensi
1. Prinsip kerja sistem bahan bakar dijelaskan sesuai buku informasi
2. Teknik pemeliharaan sistem bahan bakar dijelaskan sesuai service manual
3. Jenis-jenis gangguan sistem bahan bakar dan penyebabnya dijelaskan sesuai buku informasi
4. Perakitan sistem sistem bahan bakar dan komponen-komponennya dilaksanakan tanpa me-nyebabkan kerusakan terhadap komponen atau sistem lainnya.
5. Dasar tindakan overhaul sistem bahan bakar dijelaskan sesuai hasil pemeriksaan
6. Penggantian komponen sistem bahan bakar dijelaskan berdasarkan hasil pemeriksaan.

D. Tujuan Pembelajaran
1. Memahami pemeliharaan/ servis sistem bahan bakar.
2. Melaksanakan pemeliharaan/ servis sistem bahan bakar.

E. Materi Pelajaran
PEMELIHARAAN KARBURATOR
a. Tujuan Pembelajaran
Setelah menyelesaikan pembelajaran peserta didik dapat :
 Memeriksa pengikatan karburator, mekanisme penggerak katup gas, keausan poros katup gas dan fungsi sitem percepatan.
 Memeriksa dan menyetel kabel gas, kabel cuk dan putaran start dingin.
b. Peralatan
Peralatan yang dipergunakan untuk mendukung terlaksananya pembelajaran dan harus dipersiapkan sebelumnya adalah :
 Peralatan standar dalam kotak alat
 Lampu kerja
 Takhometer
 Oli kan
c. Bahan
Bahan yang diperlukan untuk mendukung terlaksananya pembelajaran dan harus dipersiapkan sebelumnya adalah :
 Kendaraan/stan mesin/motor hidup
 Oli dan vet
 Lap
d. Langkah Kerja
 Lepas rumah saringan/filter udara, kemudian kontrol pengikatan karburator dengan cara menggoyang-goyangkan karburator dengan tangan.
 Jika mur/baut pengikat kendor, keraskan baut-baut pada tutup karburator, bagian katup gas, flens dan pada manifold masuk.
 Periksa fungsi mekanisme pedal gas. Gerakan pedal tidak boleh berat, dan pedal harus dapat kembali ke posisi idle dengan sendirinya. Kontrol kondisi ujung-ujung kabel dan pegas-pegas pengembali.
 Bila kendaraan dilengkapi mekanisme penggerak katup gas yang menggunakan batang-batang, lumasi pada engsel-engselnya.
 Periksa keausan pada poros-poros katup gas. Goyangkan dengan tangan pada ujung poros. Jika kebebasan radial besar, unit katup gas harus dioverhol atau diganti.
 Periksa pompa percepatan, dengan cara melihat ke nosel penyemprot diatas venturi pada ruang pencampur tingkat 1. Buka katup gas sedikit secara tiba-tiba, maka dalam waktu bersamaan bensin harus mulai menyemprot.

Jika penyemprotan bensin terlambat, sistem percepatan harus disetel/diperbaiki.
1). Pemeriksaan Dan Penyetelan Kabel Gas
 Pada saat pedal gas pada ruang kemudi ditekan penuh, maka katup gas tingkat 1 pada karburator harus dapat terbuka penuh yaitu tertahan sampai pembatasnya.
 Pada saat idle (pedal gas pada ruang kemudi dilepas), katup gas pada karburator harus dapat kembali dengan sendirinya sampai tertahan pada pembatasnya, tetapi harus ada sedikit kelonggaran pada kabel gas, supaya posisi katup gas dapat terjamin tertahan pada pembatas sekrup penyetel idle dengan aman / katup gas tidak tertarik kabel.
2). Pemeriksaan Dan Penyetelan Sistem Cuk
 Tarik secara penuh tombol cuk dan kontrol apakah katup cuk menutup dengan rapat (A). Jika katup cuk tidak menutup dengan rapat, kabel cuk harus disetel.
 Kembalikan tombol cuk kembali dan kontrol apakah katup cuk membuka penuh (B). Jika tidak, kabel cuk harus disetel.
 Untuk menyetel kabel cuk, kendorkan klem kabel, kemudian setel kendor atau kencangnya kabel, selanjutnya kencangkan klem kabel kembali.
 Cek dan kontrol kembali fungsi kabel cuk dan katup cuk.
3). Penyetelan Putaran Start Dingin
 Tarik tombol cuk setengah langkah, dan hidupkan mesin/motor. Kontrol apakah putaran idle dapat bertambah sendiri, yaitu putaran bertambah menjadi antara 1.000-1.500 rpm. Bila diluar putaran motor tersebut, stel sekrup penyetel yang memiliki hubungan antara mekanisme katup gas dan mekanisme katup cuk..


A.    Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1.      Pendekatan                            : Saintifik
2.      Metode Pembelajaran            : Penugasan, Diskusi Kelompok, Praktek.
B.     Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan 9

Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
A.    Pendahuluan
Guru memberikan salam pembukaan, presensi siswa dan mengkondisikan siswa untuk memulai pembelajaran.
15 menit
B.     Inti
Mengamati
·         Tayangan atau simulsi tentang Prosedur perbaikan komponen/sistem bahan bakar bensin.
Menanya
·         Mengajukan pertanyaan terkait tayangan atau simulasi atau hal-hal yang berhubungan dengan Prosedur perbaikan komponen/sistem bahan bakar bensin.
Mengeksplorasi
·      Menjelaskan Prosedur perbaikan komponen/sistem bahan bakar bensin.
·      Pembahasan/pemberian materi ( Teori dan Praktik )
·      Membaca modul dan buku refererensi
·      Observasi dan persentasi
·      Melaksanakan praktik
Mengasosiasi
·      Membuat rangkuman hasil diskusi
·      Membuat laporan hasil pengamatan
·      Melakukan pos test
·      Memberikan tugas untuk pertemuan berikutnya
Mengkomunikasikan
·         Menerapkan  Prosedur perbaikan komponen/sistem bahan bakar bensin.
·         Siswa mendeskripsikan Prosedur perbaikan komponen/sistem bahan bakar bensin.
240 menit
C.     Penutup
Guru dan siswa menyimpulkan materi ajar tentang prinsip kerja Prosedur perbaikan komponen/sistem bahan bakar bensin, komponen dan prosedur pemeliharaan/ servis Prosedur perbaikan komponen/sistem bahan bakar bensin.
15 menit
       Pertemuan 10
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
A.    Pendahuluan
Guru memberikan salam pembukaan, presensi siswa dan mengkondisikan siswa untuk memulai pembelajaran.
15 menit
B.     Inti
Mengamati
·         Tayangan atau simulsi tentang Persyaratan keamanan perlengkapan kerja.dan kebijakan perusahaan.
Menanya
·         Mengajukan pertanyaan terkait tayangan atau simulasi atau hal-hal yang berhubungan dengan Persyaratan keamanan perlengkapan kerja.dan kebijakan perusahaan.
Mengeksplorasi
·      Menjelaskan Persyaratan keamanan perlengkapan kerja.dan kebijakan perusahaan.
·      Pembahasan/pemberian materi ( Teori dan Praktik )
·      Membaca modul dan buku refererensi
·      Observasi dan persentasi
·      Melaksanakan praktik
Mengasosiasi
·      Membuat rangkuman hasil diskusi
·      Membuat laporan hasil pengamatan
·      Melakukan pos test
·      Memberikan tugas untuk pertemuan berikutnya
Mengkomunikasikan
·         Menerapkan  prosedur yang benar cara penanganan Persyaratan keamanan perlengkapan kerja.dan kebijakan perusahaan.
·         Siswa mendeskripsikan Persyaratan keamanan perlengkapan kerja.dan kebijakan perusahaan.
240 menit
A.    Penutup
Guru dan siswa menyimpulkan materi ajar tentang Persyaratan keamanan perlengkapan kerja.dan kebijakan perusahaan, komponen dan prosedur pemeliharaan/ servis Persyaratan keamanan perlengkapan kerja.dan kebijakan perusahaan.
15 menit
   
       Pertemuan 11
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
A.    Pendahuluan
Guru memberikan salam pembukaan, presensi siswa dan mengkondisikan siswa untuk memulai pembelajaran.
15 menit
B.     Inti
Mengamati
·         Tayangan atau simulsi Melakukan perbaikan komponen bahan bakar yang terkontrol secara mekanis dan elektrik.
Menanya
·         Mengajukan pertanyaan terkait tayangan atau simulasi atau hal-hal yang berhubungan dengan Melakukan perbaikan komponen bahan bakar yang terkontrol secara mekanis dan elektrik.
Mengeksplorasi
·      Menjelaskan perbaikan komponen bahan bakar yang terkontrol secara mekanis dan elektrik.
·      Pembahasan/pemberian materi ( Teori dan Praktik )
·      Membaca modul dan buku refererensi
·      Observasi dan persentasi
·      Melaksanakan praktik
Mengasosiasi
·      Membuat rangkuman hasil diskusi
·      Membuat laporan hasil pengamatan
·      Melakukan pos test
·      Memberikan tugas untuk pertemuan berikutnya
Mengkomunikasikan
·         Menerapkan  perbaikan komponen bahan bakar yang terkontrol secara mekanis dan elektrik.
·         Siswa mendeskripsikan proses perbaikan komponen bahan bakar yang terkontrol secara mekanis dan elektrik.
240 menit
A.    Penutup
Guru dan siswa menyimpulkan materi ajar tentang Prosedur penanganan dan pengujian komponen secara manual, komponen dan prosedur pemeliharaan/ servis penanganan dan pengujian komponen secara manual.
15 menit
       Pertemuan 13
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
A.    Pendahuluan
Guru memberikan salam pembukaan, presensi siswa dan mengkondisikan siswa untuk memulai pembelajaran.
15 menit
B.     Inti
Mengamati
·         Tayangan atau simulsi tentang Persyaratan keselamatan diri.
Menanya
·         Mengajukan pertanyaan terkait tayangan atau simulasi atau hal-hal yang berhubungan dengan Persyaratan keselamatan diri.
Mengeksplorasi
·      Menjelaskan Persyaratan keselamatan diri.
·      Pembahasan/pemberian materi ( Teori dan Praktik )
·      Membaca modul dan buku refererensi
·      Observasi dan persentasi
·      Melaksanakan praktik
Mengasosiasi
·      Membuat rangkuman hasil diskusi
·      Membuat laporan hasil pengamatan
·      Melakukan pos test
·      Memberikan tugas untuk pertemuan berikutnya
Mengkomunikasikan
·         Menerapkan  prosedur keselamatan diri.
·         Siswa mendeskripsikan proses keselamatan diri.
240 menit
A.    Penutup
Guru dan siswa menyimpulkan materi ajar tentang Persyaratan keselamatan diri..
15 menit
       Pertemuan 14
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
A.    Pendahuluan
Guru memberikan salam pembukaan, presensi siswa dan mengkondisikan siswa untuk memulai pembelajaran.
15 menit
B.     Inti
Mengamati
·         Tayangan atau simulsi tentang pelaksanaan perbaikan komponen/ sistem bahan bakar bensin secara berkala.
Menanya
·         Mengajukan pertanyaan terkait tayangan atau simulasi atau hal-hal yang berhubungan dengan pelaksanaan perbaikan komponen/ sistem bahan bakar bensin secara berkala.
Mengeksplorasi
·      Menjelaskan Melaksanaan perbaikan komponen/ sistem bahan bakar bensin secara berkala.
·      Pembahasan/pemberian materi ( Teori dan Praktik )
·      Membaca modul dan buku refererensi
·      Observasi dan persentasi
·      Melaksanakan praktik
Mengasosiasi
·      Membuat rangkuman hasil diskusi
·      Membuat laporan hasil pengamatan
·      Melakukan pos test
·      Memberikan tugas untuk pertemuan berikutnya
Mengkomunikasikan
·         Menerapkan  pelaksanaan perbaikan komponen/ sistem bahan bakar bensin secara berkala.
·         Siswa mendeskripsikan proses pelaksanaan perbaikan komponen/ sistem bahan bakar bensin secara berkala.
240 menit
A.    Penutup
Guru dan siswa menyimpulkan materi ajar tentang pelaksanaan perbaikan komponen/ sistem bahan bakar bensin secara berkala, komponen dan prosedur pemeliharaan/ servis pelaksanaan perbaikan komponen/ sistem bahan bakar bensin secara berkala.
15 menit
     
       Pertemuan 15
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
A.    Pendahuluan
Guru memberikan salam pembukaan, presensi siswa dan mengkondisikan siswa untuk memulai pembelajaran.
15 menit
B.     Inti
Mengamati
·         Tayangan atau simulsi tentang pengujian/penyetelan karburator.
Menanya
·         Mengajukan pertanyaan terkait tayangan atau simulasi atau hal-hal yang berhubungan dengan pengujian/penyetelan karburator.
Mengeksplorasi
·      Menjelaskan tentang pengujian/penyetelan karburator.
·      Pembahasan/pemberian materi ( Teori dan Praktik )
·      Membaca modul dan buku refererensi
·      Observasi dan persentasi
·      Melaksanakan praktik
Mengasosiasi
·      Membuat rangkuman hasil diskusi
·      Membuat laporan hasil pengamatan
·      Melakukan pos test
·      Memberikan tugas untuk pertemuan berikutnya
Mengkomunikasikan
·         Menerapkan  tentang pengujian/ penyetelan karburator.
·         Siswa mendeskripsikan proses pengujian/penyetelan karburator.
240 menit
A.    Penutup
Guru dan siswa menyimpulkan materi ajar tentang prinsip kerja pengujian/penyetelan karburator, komponen dan prosedur pemeliharaan/ servis pengujian/penyetelan karburator.
15 menit
       Pertemuan 16
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
A.    Pendahuluan
Guru memberikan salam pembukaan, presensi siswa dan mengkondisikan siswa untuk memulai pembelajaran.
15 menit
B.     Inti
Mengamati
·         Tayangan atau simulsi tentang Pengenalan prinsip kerja sistem EFI ( elektronik fuel injection ).
Menanya
·         Mengajukan pertanyaan terkait tayangan atau simulasi atau hal-hal yang berhubungan dengan prosedur Pengenalan prinsip kerja sistem EFI ( elektronik fuel injection ).
Mengeksplorasi
·      Menjelaskan tentang Pengenalan prinsip kerja sistem EFI ( elektronik fuel injection ).
·      Pembahasan/pemberian materi ( Teori dan Praktik )
·      Membaca modul dan buku refererensi
·      Observasi dan persentasi
·      Melaksanakan praktik
Mengasosiasi
·      Membuat rangkuman hasil diskusi
·      Membuat laporan hasil pengamatan
·      Melakukan pos test
·      Memberikan tugas untuk pertemuan berikutnya
Mengkomunikasikan
·         Menerapkan tentang prinsip kerja sistem EFI ( elektronik fuel injection ).
·         Siswa mendeskripsikan tentang prinsip kerja sistem EFI ( elektronik fuel injection ).
240 menit
     
A.    Penutup
Guru dan siswa menyimpulkan materi ajar tentang prinsip kerja prinsip kerja sistem EFI ( elektronik fuel injection ) dan komponen.
15 menit
A.    Media dan Sumber Belajar
1.      Media                                     : Job Sheet Praktek, LCD Proyektor
2.      Sumber Belajar                       : New Step 1, Buku Praktek, Internet

B.     Penilaian Proses dan Hasil Belajar
1.      Penilaian Proses
No
Aspek Penilaian
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
Instrumen Penilaian
Keterangan
1
Religius
Pengamatan saat kegiatan belajar
Proses
Lembar pengamatan

2
Tanggung jawab




3
Peduli




4
Responsif




5
Santun




Keterangan :
8 0 - 95     = Sangat Baik
70 - 79      = Baik
60 - 69      = Sedang
50 - 59      = Kurang
2.      Penilaian Hasil Belajar
Indikator pencapaian kompetensi
Teknik penilaian
Bentuk penilaian
Instrumen










Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RENCAN PROGRAM PENGAJARAN PSPTKR