Minggu, 24 September 2017

RPP Teknik Kendaraan Ringan


Satuan Pendidikan : SMKN 36 JAKARTA
Kelas/ Semester : XII/ 5
Mata Pelajaran : Memperbaiki sistem rem
Tema : Pemeliharaan sistem rem dan komponen-komponennya
Pertemuan : 1 - 6
Alokasi Waktu : 24 x 2 x 45 menit

A. Kompetensi Inti
KI 3: Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
KI 4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

B. Kompetensi Dasar
1.1. Memelihara sistem rem dan komponennya.
2.1. Memperbaiki sistem rem dan komponennya.
3.1. Melakukan overhaul sistem rem.

C. Indikator Pencapaian Kompetensi
1. Prinsip kerja rem dijelaskan sesuai buku informasi
2. Teknik pemeliharaan rem dijelaskan sesuai service manual
3. Jenis-jenis gangguan rem dan penyebabnya dijelaskan sesuai buku informasi
4. Perakitan sistem rem dan komponen-komponennya dilaksanakan tanpa me-nyebabkan kerusakan terhadap komponen atau sistem lainnya.
5. Dasar tindakan overhaul rem dijelaskan sesuai hasil pemeriksaan
6. Penggantian komponen rem hidrolik dijelaskan berdasarkan hasil pemeriksaan.

D. Tujuan Pembelajaran
1. Memahami pemeliharaan/ servis sistem rem
2. Melaksanakan pemeliharaan/ servis sistem rem

E. Materi Pelajaran
Rem Tromol\

1. Tujuan dipasangnya rem pada kendaraan adalah untuk memperlambat jalannya kendaraan mengurangi kecepatan, berhenti atau memarkir kendaraan pada jalan yang mendaki. Dengan kata lain melakukan kontrol terhadap kecepatan kendaraan untuk menghindari kecelakaan dan merupakan alat pengaman yang berguna untuk menghentikan kendaraan secara berkala.
2. Jenis-jenis rem ditinjau dari konstruksinya:
a. internal exspander brake (rem pengembangan dari dalam)
b. external contrakting brake
c. disc brake (rem piringan)
3. Model rem tromol pada kendaraan
a. Model leading trailling shoe
b. Model two leading
c. Model dual two leading
d. Model uni servo
e. Model duo servo
4. Syarat-syarat rem
a. Dapat bekerja dengan baik dan cepat.
b. Bila muatan pada roda-roda sama besar, maka gaya pengeremannya harus sama besar pula, bila tidak harus sebanding dengan muatan yang diterima oleh roda-roda tersebut.
c. Dapat dipercaya dan mempunyai daya tekan yang cukup.
d. Rem itu harus mudah diperiksa dan disetel.
5. Syarat kualitas minyak rem
a. Memiliki titik didih yang rendah
b. Mencegah karat pada logam dan karet
c. Viscositas
6. Prosedur melepas sepatu rem adalah sebagai berikut:
a. Angkat kendaraan dan lepaskan roda-roda.
b. Bebaskan rem tangan.
c. Stel celah sepatu rem.
Tromol rem mungkin sulit dilepaskan karena sepatu rem mencekam bagian lengkung dari tromol bagian dalam. Karena itu kecilkan lingkaran sepatu untuk mendapatkan celah yang lebih besar, dengan cara sebagai berikut:
1) Buka sumbat lubang service pada plat penahan.
2) Masukkan obeng melalui lubang service dan tahan tuas pawl penyetel otomatis untuk memudahkan gerakkan alat penyetel.
3) Dengan menggunakan alat penyetel rem SST, tambahkan celah antara sepatu rem dan tromol rem dengan jalan memutar roda gigi pawl pada penyetel otomatis.
b. Buka tromol rem.
c. Dengan menggunakan dua buah baut yang cocok dengan lubang service yang ada pada tromol masukkan dua baut tersebut ke dalam ulirnya untuk menarik keluar tromol rem.
d. Periksa pelapis sepatu rem.
1) Ukur tebal pelapis rem.
Jika tebal pelapis rem kurang dari minimum atau mendekati minimum, ganti sepatu rem pada kedua roda.
2) Ukur diameter dalam tromol rem. Jika diameter lebih besar dari spesifikasi, tromol harus diganti.
3) Jika permukaan tromol yang bersinggungan dengan pelapis sepatu rem tergores dalam, tromol harus diganti.
4) Lepaskan pegas pembalik rem. Gunakan alat pembuka pegas pembalik sepatu rem, gunakan SST untuk melepaskan.
5) Periksa secara visual kemungkinan terdapat kebocoran minyak rem pada silinder roda.
e. Lepaskan sepatu rem.
1) Dengan menggunakan SST yakni alat penggerak pegas penahan sepatu rem, putar pen pegas penahan sepatu 900 sementara ujung pen ditarik dengan jari.
2) Buka pegas jangkar sepatu rem.
f. Lepaskan kabel rem tangan dari tuas sepatu rem tangan.
1) Buka pegas tuas penyetel otomatis.
2) Dengan menggunakan tang lancip, tekanlah pegas koil kabel rem tangan.
3) Buka washer C dan lepaskan tuas sepatu rem tangan dan penyetel otomatis dari sepatu rem.Untuk membuka washer C ungkit dengan obeng.
4) Bersihkan plat penahan dan komponen-komponen yang lain menggunakan kain lap yang bersih serta bersihkan debu-debu dengan tiupan udara kompressor.

Rem Piringan
1. Prinsip kerja rem piringan adalah bahwa sepasang pad yang tidak berputar menjepit piringan yang berputar menggunakan tekanan hidraulis, menyebabkan terjadinya gesekan yang dapat memperlambat atau menghentikan kendaraan.
2. Bagian-bagian dari rem piringan yang perlu diperiksa adalah:
a. Periksa keausan pad rem.
1) Ukuran ketebalan pad rem.
Jika kurang dari atau mendekati 2,0 mm gantilah pad remnya.
2) Jika keausan pad tidak merata atau ada kerusakan, mintalah petunjuk pada instruktur.
g. Periksa mekanisme peluncur kaliper.
Jika ada kerusakan, kaliper perlu dioverhoul mintalah petunjuk pada instruktur anda.
h. Periksa tebal piringan.
1) Bersihkan permukaan piringan dengan menggunakan kain lap.
2) Ukur tebal piringan. Jika kurang dari minimum, piringan harus diganti baru. Mintalah petunjuk dari instruktur/ guru.

3. Prosedur pemeriksaan celah antara piston dan silinder master rem yang diijinkan adalah 0,08 – 0,12 mm.
4. Rem tangan berfungsi untuk menjaga agar kendaraan tidak bergerak atau berjalan waktu di parkir.
5. Beberapa penyebab ketika memarkir kendaraan dengan rem tangan pada jalan yang menurun kendaraan masih bergerak :
a. Kanvas penarik telah kendor atau karat
b. Tempat sambungan kendor atau karat
c. Penyetelan kurang tepat
d. Jarak penyetelan kanvas dan tromol terlalu besar
6. Langkah-langkah mengeluarkan udara palsu (brake bleeding) pada saluran rem
a. Periksa dan bersihkan kotoran yang melekat pada backing plate sehingga nipel (katup buang) terlihat jelas.
b. Sambung slang plastik kenpel dan masukkan ke dalam kaleng yang sudah berisi minyak rem.
c. Tekan pedal rem yang sudah berulang kali sehingga tekanannya menjadi keras dan tahan, kemudian katup buang dibuka sehingga keluiar gelembung udara lalu keraskan katup buang.
d. Lakukan secara berulang kali sampai keluar pada slang plastik tidak terdapat udara tambahkan minyak rem pada reseroil apabila kurang.
e. Bila berkarat dan tergores dapat dibersihkan dengan kertas gosok khusus (bukan kertas gosok halus) bila tidak memungkinkan banti sesuai spesifikasi demikian juga bila aus atau rusak.

Peralatan yang digunakan
1. Kunci : untuk membuka atau memasang baut dan mur
2. Obeng : untuk membuka baut sekrup
3. Tang : untuk memotong atau menjepit suatu benda
4. Pahat : untuk memotong benda kerja menjadi dua bagian atau lebih
5. Klematra : untuk menghentikan aliran minyak rem yang mengalir pada selang rem
6. Micrometer : untuk mengukur (sebagai alat ukur)


F. Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Saintifik
2. Metode Pembelajaran : Penugasan, Diskusi Kelompok, Praktek.
 A.    Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
A.    Pendahuluan
Guru memberikan salam pembukaan, presensi siswa dan mengkondisikan siswa untuk memulai pembelajaran.
15 menit
B.     Inti
Mengamati
·         Tayangan atau simulsi tentang system rem.
Menanya
·         Mengajukan pertanyaan terkait tayangan atau simulasi atau hal-hal yang berhubungan dengan system rem.
Mengeksplorasi
·   Menjelaskan  pemeriksaan system rem
·   Pembahasan/pemberian materi ( Teori dan Praktik )
·   Membaca modul dan buku refererensi
·   Observasi dan presentasi
·  Menuliskan atau menyebutkan macam-macam system rem.
·  Membuat perbandingan kelebihan jenis-jenis system rem.
·   Melaksanakan praktik
Mengasosiasi
·         Membuat kesimpulan tentang prinsip kerja system rem.
·         Membuat kesimpulan tentang kelebihan dan kekurangan jenis-jenis system rem.
Mengkomunikasikan
·         Menerapkan  prosedur yang benar cara penanganan system rem.
·         Siswa mendeskripsikan proses kerja system rem.
240 menit
C.    Penutup
Guru dan siswa menyimpulkan materi ajar tentang prinsip kerja sistem rem, komponen dan prosedur pemeliharaan/ servis sistem rem.
15 menit

Pertemuan 2

Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
D.    Pendahuluan
Guru memberikan salam pembukaan, presensi siswa dan mengkondisikan siswa untuk memulai pembelajaran.
15 menit
E.     Inti
Mengamati
·         Tayangan atau simulsi tentang rem tromol.
Menanya
·         Mengajukan pertanyaan terkait tayangan atau simulasi atau hal-hal yang berhubungan dengan system rem.
Mengeksplorasi
·   Menjelaskan  pemeriksaan system rem tromol
·   Pembahasan/pemberian materi ( Teori dan Praktik )
·   Membaca modul dan buku refererensi
·   Observasi dan presentasi
·  Menuliskan atau menyebutkan macam-macam system rem tromol.
·  Membuat perbandingan kelebihan jenis-jenis system rem tromol.
·   Melaksanakan praktik
Mengasosiasi
·         Membuat kesimpulan tentang prinsip kerja system rem tromol.
·         Membuat kesimpulan tentang kelebihan dan kekurangan jenis-jenis system rem tromol.
Mengkomunikasikan
·  Menerapkan  prosedur yang benar cara penanganan system rem tromol.
·         Siswa mendeskripsikan proses kerja system rem tromol.
240 menit
F.    Penutup
Guru dan siswa menyimpulkan materi ajar tentang prinsip kerja sistem rem tromol, komponen dan prosedur pemeliharaan/ servis sistem rem tromol.
15 menit
     
       Pertemuan 3
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
G.    Pendahuluan
Guru memberikan salam pembukaan, presensi siswa dan mengkondisikan siswa untuk memulai pembelajaran.
15 menit
H.     Inti
Mengamati
·         Tayangan atau simulsi tentang system rem tangan.
Menanya
·         Mengajukan pertanyaan terkait tayangan atau simulasi atau hal-hal yang berhubungan dengan system rem tangan.
Mengeksplorasi
·   Menjelaskan  pemeriksaan system rem tangan
·   Pembahasan/pemberian materi ( Teori dan Praktik )
·   Membaca modul dan buku refererensi
·   Observasi dan presentasi
·  Menuliskan atau menyebutkan macam-macam system rem tangan.
·  Membuat perbandingan kelebihan jenis-jenis system rem tangan.
·   Melaksanakan praktik
Mengasosiasi
·         Membuat kesimpulan tentang prinsip kerja system rem tangan.
·         Membuat kesimpulan tentang kelebihan dan kekurangan jenis-jenis system rem tangan.
Mengkomunikasikan
· Menerapkan  prosedur yang benar cara penanganan system rem tangan.
·         Siswa mendeskripsikan proses kerja system rem tangan.
240 menit
I.    Penutup
Guru dan siswa menyimpulkan materi ajar tentang prinsip kerja sistem rem tangan, komponen dan prosedur pemeliharaan/ servis sistem rem tangan.
15 menit
     
       Pertemuan 4
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
J.    Pendahuluan
Guru memberikan salam pembukaan, presensi siswa dan mengkondisikan siswa untuk memulai pembelajaran.
15 menit
K.     Inti
Mengamati
·         Tayangan atau simulsi tentang master silinder.
Menanya
·         Mengajukan pertanyaan terkait tayangan atau simulasi atau hal-hal yang berhubungan dengan master silinder.
Mengeksplorasi
·   Menjelaskan  pemeriksaan master silinder
·   Pembahasan/pemberian materi ( Teori dan Praktik )
·   Membaca modul dan buku refererensi
·   Observasi dan presentasi
·  Menuliskan atau menyebutkan macam-macam master silinder.
·  Membuat perbandingan kelebihan jenis-jenis master silinder.
·   Melaksanakan praktik
Mengasosiasi
·         Membuat kesimpulan tentang prinsip kerja master silinder.
·         Membuat kesimpulan tentang kelebihan dan kekurangan jenis-jenis master silinder.
Mengkomunikasikan
·         Menerapkan  prosedur yang benar cara penanganan master silinder.
·         Siswa mendeskripsikan proses kerja master silinder.
240 menit
L.    Penutup
Guru dan siswa menyimpulkan materi ajar tentang prinsip kerja master silinder, komponen dan prosedur pemeliharaan/ servis master silinder.
15 menit
       Pertemuan  5
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
M.    Pendahuluan
Guru memberikan salam pembukaan, presensi siswa dan mengkondisikan siswa untuk memulai pembelajaran.
15 menit
N.     Inti
Mengamati
·         Tayangan atau simulsi tentang boster rem.
Menanya
·         Mengajukan pertanyaan terkait tayangan atau simulasi atau hal-hal yang berhubungan dengan boster rem.
Mengeksplorasi
·   Menjelaskan  pemeriksaan boster rem.
·   Pembahasan/pemberian materi ( Teori dan Praktik )
·   Membaca modul dan buku refererensi
·   Observasi dan presentasi
·  Menuliskan atau menyebutkan macam-macam boster rem.
·  Membuat perbandingan kelebihan jenis-jenis boster rem.
·   Melaksanakan praktik
Mengasosiasi
·         Membuat kesimpulan tentang prinsip kerja boster rem.
·         Membuat kesimpulan tentang kelebihan dan kekurangan jenis-jenis boster rem.
Mengkomunikasikan
·         Menerapkan  prosedur yang benar cara penanganan boster rem.
·         Siswa mendeskripsikan proses kerja boster rem.
240 menit
O.    Penutup
Guru dan siswa menyimpulkan materi ajar tentang prinsip kerja boster rem, komponen dan prosedur pemeliharaan/ servis boster rem.
15 menit
     
       Pertemuan  6
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
P.    Pendahuluan
Guru memberikan salam pembukaan, presensi siswa dan mengkondisikan siswa untuk memulai pembelajaran.
15 menit
Q.     Inti
Mengamati
·         Tayangan atau simulsi tentang prosedur memeriksa rem tromol.
Menanya
·         Mengajukan pertanyaan terkait tayangan atau simulasi atau hal-hal yang berhubungan dengan prosedur memeriksa rem tromol.
Mengeksplorasi
·   Menjelaskan  pemeriksaan prosedur memeriksa rem tromol.
·   Pembahasan/pemberian materi ( Teori dan Praktik )
·   Membaca modul dan buku refererensi
·   Observasi dan presentasi
·  Menuliskan atau menyebutkan macam-macam kerusakan rem tromol.
·  Membuat perbandingan kelebihan jenis-jenis prosedur memeriksa rem tromol.
·   Melaksanakan praktik
Mengasosiasi
·         Membuat kesimpulan tentang prosedur memeriksa rem tromol.
·         Membuat kesimpulan tentang kerusakan rem tromol.
Mengkomunikasikan
·         Menerapkan  prosedur yang benar cara prosedur memeriksa rem tromol.
·         Siswa mendeskripsikan kerusakan pada rem tromol.
240 menit
Q.     Penutup
Guru dan siswa menyimpulkan materi ajar tentang prinsip kerja prosedur memeriksa rem tromol, komponen dan prosedur pemeliharaan/ servis rem tromol.
15 menit
       H.    Media dan Sumber Belajar
1.      Media                                     : Job Sheet Praktek, LCD Proyektor
2.      Sumber Belajar                       : New Step 1, Buku Praktek, Internet

      I.     Penilaian Proses dan Hasil Belajar
1.      Penilaian Proses
No
Aspek Penilaian
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
Instrumen Penilaian
Keterangan
1
Religius
Pengamatan saat kegiatan belajar
Proses
Lembar pengamatan

2
Tanggung jawab




3
Peduli




4
Responsif




5
Santun





Keterangan :
8 0 - 95     = Sangat Baik
70 - 79      = Baik
60 - 69      = Sedang
50 - 59      = Kurang

2.      Penilaian Hasil Belajar
Indikator pencapaian kompetensi
Teknik penilaian
Bentuk penilaian
Instrumen
















Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RENCAN PROGRAM PENGAJARAN PSPTKR