Satuan Pendidikan : SMKN 36 JAKARTA
Kelas/ Semester : XI/ 3
Mata Pelajaran : Pemeliharaan sasis dan pemindah tenaga
Tema : Memahami unit transmisi
Pertemuan : 6 - 12
Alokasi Waktu : 6 x 45 menit
A. Kompetensi Inti
KI 3: Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
KI 4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
B. Kompetensi Dasar
• Identifikasi transmisi manual
• Urutan dan cara pemeliharaan transmisi manual dan komponen-komponennya
• Pemeliharaan transmisi manual dan komponen-komponennya sesuai SOP
• Perbaikan transmisi manual dan komponen-komponennya sesuai SOP
• Overhaul transmisi manual dan komponen-komponennya sesuai SOP
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
1. Prinsip kerja transmisi dijelaskan sesuai buku informasi
2. Teknik pemeliharaan transmisi dijelaskan sesuai service manual
3. Jenis-jenis gangguan transmisi dan penyebabnya dijelaskan sesuai buku informasi
4. Perakitan sistem transmisi dan komponen-komponennya dilaksanakan tanpa me-nyebabkan kerusakan terhadap komponen atau sistem lainnya.
5. Dasar tindakan overhaul transmisi dijelaskan sesuai hasil pemeriksaan
6. Penggantian komponen transmisi dijelaskan berdasarkan hasil pemeriksaan.
D. Tujuan Pembelajaran
1. Memahami pemeliharaan/ servis sistem transmisi
2. Melaksanakan pemeliharaan/ servis sistem transmisi
E. Materi Pelajaran
TRANSMISI
Transmisi berfungsi untuk menjamin ketersediaan momen puntir yang dibutuhkan oleh kendaraan pada saat dijalankan. Dimana kerja transmisi akan menyesuaikan dengan kondisi jalan. Jika kendaraan tidak memiliki transmisi maka kopling akan cepat rusak dan aus karena kerja mesin akan bergantung pada kopling saja. Juga pada saat mundur tidak akan bisa karena mesin hanya bekerja pada satu arah putaran saja.
JENIS-JENIS TRANSMISI MANUAL
1. SLIDINGMESH TYPE
Jenis ini merupakan dasar pertama kali ditemukannya transmisi, dengan konstruksi yang sangat sederhana. Transmisi jenis ini sudah tidak lagi dikembangkan, walaupun demikian jenis ini masih sering digunakan dan terbatas hanya untuk gear percepatan dan mundur
2. CONTSTANTMESH TYPE
Jenis ini merupakan pengembangan dari jenis slidingmesh type, dimana bentu gear tidak lagi lurus melainkan helical, walaupun demikian saat perpindahan gera masih terjadi kesukaran
Dinamakan constantmesh type karena counter gear selalu berkaitan atau berhubungan dengan gear pada main shaft. sedangkan gear pada main shaft dihubungkan dengan perantara bearing sehingga gear dan main shaft dapat berputar bebas.
3. SYNCROMESH TYPE
Transmisi jenis ini mempunyai konstruksi seperti jenis constantmesh. pada jenis ini untuk memindahkan putaran dari main gear ke main shaft digunakan syncromesh, sehingga perpindahan putaran dapat dilakukan dengan mudah pada berbagai kecepatan.
GEAR SHIFT CONTROL MECHANISM
Dirct control ( tipe pengontrol langsung )
Keuntungan direct type :
• Pemindahan gigi lebih cepat
• Pemindahan lebih lembut dan mudah
• Posisi pemindah dapat diketahui dengan mudah
Remote control type ( tipe remote control )
Pada tipe ini tuas pemindah terpisah dari tansmisi. Shift control terletak dilantai atau di steering column
MEKANISME PENCEGAH GIGI LONCAT
Pada poros pemindah
Shift shaft mempunyai tiga alur dimana shift detent ball akan ditekan oleh spring bila transmisi diposisikan masuk gigi & netral
Shift detent mechanism berfungsi untuk mencegah gigi kemabli ke netral dan untuk meyakinkan pengemudi bahwa roda gigi telah berkaitan
Pada hub sleeve
Alur – alur pada hub sleeve mempunyai bentuk runcing yang berkaitan dengan dog gear gigi percepatan. Untuk mencegah gigi loncat
Double meshing prevention mechanism
Mekanisme pencegah hubungan ganda dari transmissi ada yang menggunakan interlock ball & pin. Yang terdiri dari sebuah interlock pin dan 4 buah interlock ball
Pada saat masuk gigi maka salah satu shifter rod akan bergerak dan menyebabkan interlock ball pin mengunci shifter lainnya
TRANSFER
Fungsi :
• Meneruskan tenaga putar dari transmisi ke propeller shaft depan dan belakang
• Merubah momen pada saat dibutuhkan momen yang besar
Pada umumnya transfer digunakan pada kendaraan yang keempat rodanya dijadikan sebagai roda penggerak / FOUR WHEEL DRIVE ( 4 WD )
Transfer ada 2 macam :
• Part time
• Full time
KOMPONEN - KOMPONENNYA
1. Low speed input gear
2. High & low clutch hub sub assembly
3. High speed input gear
4. Transfer idler gear
5. Transfer output rear shaft
6. Transfer output gear
7. Transfer front drive clutch hub sub – assembly
8. Transfer output front shaft
A. Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Saintifik
2. Metode Pembelajaran : Penugasan, Diskusi Kelompok, Praktek.
B. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 6 dan 7
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
A. Pendahuluan
|
Guru memberikan salam pembukaan, presensi siswa dan mengkondisikan siswa untuk memulai pembelajaran.
|
15 menit
|
B. Inti
|
Mengamati
· Tayangan atau simulsi transmisi manual.
Menanya
· Mengajukan pertanyaan terkait tayangan atau simulasi atau hal-hal yang berhubungan dengan transmisi manual.
Mengeksplorasi
· Menuliskan atau menyebutkan macam-macam transmisi manual.
· Membuat perbandingan kelebihan dan kekurangan jenis-jenis transmisi manual.
Mengasosiasi
· Menjelaskan pemeriksaan transmisi manual
· Pembahasan/pemberian materi ( Teori dan Praktik )
· Membaca modul dan buku refererensi
· Observasi dan presentasi
· Menuliskan atau menyebutkan macam-macam transmisi manual.
· Membuat perbandingan kelebihan jenis-jenis transmisi manual.
· Melaksanakan plat praktik
Mengkomunikasikan
· Menerapkan prosedur yang benar cara penanganan transmisi manual.
· Siswa mendeskripsikan proses kerja transmisi manual.
|
240 menit
|
C. Penutup
|
Guru dan siswa menyimpulkan materi ajar tentang prinsip kerja transmisi manual, komponen dan prosedur pemeliharaan/ servis transmisi manual.
|
15 menit
|
Pertemuan 8 dan 9
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
D. Pendahuluan
|
Guru memberikan salam pembukaan, presensi siswa dan mengkondisikan siswa untuk memulai pembelajaran.
|
15 menit
|
E. Inti
|
Mengamati
· Tayangan atau simulsi transmisi otomis.
Menanya
· Mengajukan pertanyaan terkait tayangan atau simulasi atau hal-hal yang berhubungan dengan transmisi otomis.
Mengeksplorasi
· Menuliskan atau menyebutkan macam-macam transmisi otomis.
· Membuat perbandingan kelebihan dan kekurangan jenis-jenis transmisi otomis.
Mengasosiasi
· Menjelaskan pemeriksaan transmisi otomis
· Pembahasan/pemberian materi ( Teori dan Praktik )
· Membaca modul dan buku refererensi
· Observasi dan presentasi
· Menuliskan atau menyebutkan macam-macam transmisi otomis.
· Membuat perbandingan kelebihan jenis-jenis transmisi otomis.
· Melaksanakan plat praktik
Mengkomunikasikan
· Menerapkan prosedur yang benar cara penanganan transmisi otomis.
· Siswa mendeskripsikan proses kerja transmisi manual.
|
240 menit
|
F. Penutup
|
Guru dan siswa menyimpulkan materi ajar tentang prinsip kerja transmisi otomatis, komponen dan prosedur pemeliharaan/ servis transmisi otomis.
|
15 menit
|
Pertemuan 10
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
G. Pendahuluan
|
Guru memberikan salam pembukaan, presensi siswa dan mengkondisikan siswa untuk memulai pembelajaran.
|
15 menit
|
H. Inti
|
Mengamati
· Tayangan atau simulsi mekanisme penggerak transmisi.
Menanya
· Mengajukan pertanyaan terkait tayangan atau simulasi atau hal-hal yang berhubungan dengan mekanisme penggerak transmisi.
Mengeksplorasi
· Menuliskan atau menyebutkan macam-macam mekanisme penggerak transmisi.
· Membuat perbandingan kelebihan dan kekurangan jenis-jenis mekanisme penggerak transmisi.
Mengasosiasi
· Menjelaskan pemeriksaan mekanisme penggerak transmisi
· Pembahasan/pemberian materi ( Teori dan Praktik )
· Membaca modul dan buku refererensi
· Observasi dan presentasi
· Menuliskan atau menyebutkan macam-macam mekanisme penggerak transmisi.
· Membuat perbandingan kelebihan jenis-jenis mekanisme penggerak transmisi.
· Melaksanakan plat praktik
Mengkomunikasikan
· Menerapkan prosedur yang benar cara penanganan mekanisme penggerak transmisi.
· Siswa mendeskripsikan proses kerja mekanisme penggerak transmisi.
|
240 menit
|
I. Penutup
|
Guru dan siswa menyimpulkan materi ajar tentang prinsip kerja mekanisme penggerak transmisi, komponen dan prosedur pemeliharaan/ servis mekanisme penggerak transmisi.
|
15 menit
|
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
J. Pendahuluan
|
Guru memberikan salam pembukaan, presensi siswa dan mengkondisikan siswa untuk memulai pembelajaran.
|
15 menit
|
K. Inti
|
Mengamati
· Tayangan atau simulsi mekanisme pencegah gigi loncat.
Menanya
· Mengajukan pertanyaan terkait tayangan atau simulasi atau hal-hal yang berhubungan dengan mekanisme pencegah gigi loncat.
Mengeksplorasi
· Menuliskan atau menyebutkan macam-macam mekanisme pencegah gigi loncat.
· Membuat perbandingan kelebihan dan kekurangan jenis-jenis mekanisme pencegah gigi loncat.
Mengasosiasi
· Menjelaskan pemeriksaan mekanisme pencegah gigi loncat.
· Pembahasan/pemberian materi ( Teori dan Praktik )
· Membaca modul dan buku refererensi
· Observasi dan presentasi
· Menuliskan atau menyebutkan macam-macam mekanisme pencegah gigi loncat.
· Membuat perbandingan kelebihan jenis-jenis mekanisme pencegah gigi loncat.
· Melaksanakan plat praktik
Mengkomunikasikan
· Menerapkan prosedur yang benar cara penanganan mekanisme pencegah gigi loncat.
· Siswa mendeskripsikan proses kerja mekanisme pencegah gigi loncat.
|
240 menit
|
L. Penutup
|
Guru dan siswa menyimpulkan materi ajar tentang prinsip kerja mekanisme pencegah gigi loncat, komponen dan prosedur pemeliharaan/ servis mekanisme pencegah gigi loncat.
|
15 menit
|
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi
Waktu
|
M.
Pendahuluan
|
Guru memberikan salam pembukaan, presensi
siswa dan mengkondisikan siswa untuk memulai pembelajaran.
|
15
menit
|
N.
Inti
|
Mengamati
·
Tayangan
atau simulsi transfer.
Menanya
·
Mengajukan
pertanyaan terkait tayangan atau simulasi atau hal-hal yang berhubungan
dengan transfer.
Mengeksplorasi
· Menuliskan atau menyebutkan
macam-macam mekanisme transfer.
· Membuat perbandingan kelebihan
dan kekurangan jenis-jenis transfer.
Mengasosiasi
· Menjelaskan pemeriksaan transfer.
· Pembahasan/pemberian
materi ( Teori dan Praktik )
· Membaca modul
dan buku refererensi
· Observasi dan
presentasi
· Menuliskan atau menyebutkan
macam-macam mekanisme transfer.
· Membuat perbandingan kelebihan
jenis-jenis mekanisme transfer.
· Melaksanakan
plat praktik
Mengkomunikasikan
·
Menerapkan
prosedur yang benar cara penanganan transfer.
·
Siswa mendeskripsikan proses kerja mekanisme
transfer.
|
240
menit
|
O.
Penutup
|
Guru dan siswa menyimpulkan materi ajar
tentang prinsip kerja transfer, komponen dan prosedur
pemeliharaan/ servis transfer.
|
15
menit
|
A.
Media dan Sumber Belajar
1.
Media :
Job Sheet Praktek, LCD Proyektor
2.
Sumber Belajar : New
Step 1, Buku Praktek, Internet
B.
Penilaian Proses dan Hasil Belajar
1.
Penilaian Proses
No
|
Aspek Penilaian
|
Teknik Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
Instrumen Penilaian
|
Keterangan
|
1
|
Religius
|
Pengamatan
saat kegiatan belajar
|
Proses
|
Lembar
pengamatan
|
|
2
|
Tanggung
jawab
|
|
|
|
|
3
|
Peduli
|
|
|
|
|
4
|
Responsif
|
|
|
|
|
5
|
Santun
|
|
|
|
|
Keterangan :
8 0 - 95 =
Sangat Baik
70 - 79 = Baik
60 - 69 =
Sedang
50 - 59 = Kurang
2.
Penilaian Hasil Belajar
Indikator pencapaian kompetensi
|
Teknik penilaian
|
Bentuk penilaian
|
Instrumen
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar