SILABUS
BIDANG KEAHLIAN : TEKNOLOGI DAN REKAYASA
PROGRAM KEAHLIAN : TEKNIK OTOMOTIF
PAKET KEAHLIAN : TEKNIK KENDARAAN RINGAN
MATA PELAJARAN : PEMELIHARAAN SASIS DAN PEMINDAH TENAGA KENDARAAN RINGAN
KELAS : XI
K3
|
Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
|
K4
|
Menolah, menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mendiri, bertindak secara efektif dan kreatif dan mampu melaksanakan tugas spesifik dibawah pengawasan langsung.
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran*
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
3.1. Memahami unit kopling
4.1. Memelihara mekanisme Kopling
|
· Identifikasi komponen-komponen unit kopling dan sistem pengoperasiannya
· Pemeliharaan/servis unit kopling dan komponen-komponen sistem pengoperasian sesuai SOP
· Perbaikan sistem kopling dan komponennya
· Overhaul sistem kopling dan komponennya,analisis gangguan dan perbaikan gangguan
|
Mengamati
Tayangan atau simulsi macam-macam kopling.
Menanya
Mengajukan pertanyaan terkait tayangan atau simulasi atau hal-hal yang berhubungan dengan kopling.
Mengeksplorasi
· Menuliskan atau menyebutkan macam-macam kopling.
· Membuat perbandingan kelebihan jenis-jenis kopling.
Mengasosiasi
Membuat kesimpulan tentang kelebihan dan kekurangan jenis-jenis kopling.
Mengkomunikasikan
Menerapkan prosedur yang benar cara penganan kopling.
|
Tugas
1.Membuat rangkuman tentang kopling ( macam, cara kerja, komponen)
2. Membuat laporan praktek kopling.
Observasi
Mengamati keaktifan siswa dalam melakukan praktik
Portofolio
Laporan praktek dinilai berdasarkan kelengkapan ulasan berdasarkan praktek yang dilakukan.
Tes
Pilihan Ganda/Essay
|
30 JP
|
Buku bacaan yang relevan, contoh :
KH. Katman, 2009, Modul Pemeliharaan/Servis Kopling dan Komponen-Komponenya , Erlangga.
|
3.2 Memahami transmisi
4.2.Memelihara transmisi
|
· Identifikasi transmisi manual
· Urutan dan cara pemeliharaan transmisi manual dan komponen-komponennya
· Pemeliharaan transmisi manual dan komponen-komponennya sesuai SOP
· Perbaikan transmisi manual dan komponen-komponennya sesuai SOP
· Overhaul transmisi manual dan komponen-komponennya sesuai SOP
|
Mengamati
Tayangan atau simulsi macam-macam transmisi.
Menanya
Mengajukan pertanyaan terkait tayangan atau simulasi atau hal-hal yang berhubungan dengan transmisi.
Mengeksplorasi
· Menuliskan atau menyebutkan macam-macam transmisi.
· Membuat perbandingan kelebihan jenis-jenis transmisi.
Mengasosiasi
Membuat kesimpulan tentang kelebihan dan kekurangan jenis-jenis transmisi.
Mengkomunikasikan
Menerapkan prosedur yang benar cara penganan transmisi.
|
Tugas
1.Membuat rangkuman tentang transmisi ( macam, cara kerja, komponen)
2. Membuat laporan praktek transmisi.
Observasi
Mengamati keaktifan siswa dalam melakukan praktik
Portofolio
Laporan praktek dinilai berdasarkan kelengkapan ulasan berdasarkan praktek yang dilakukan.
Tes
Pilihan Ganda/Essay
|
3.3.Memahami unit final drive/garden
4.3. Memelihara Unit Final Drive/Gardan
|
· Identifikasi unit final drive; penggerak roda depan, belakang, dan Four Wheel drive
· Pemeliharaan unit final drive penggerak roda depan
· Perbaikan unit final drive penggerak roda belakang
· Overhoul unit final drive penggerak empat roda
|
Mengamati
Tayangan atau simulsi macam-macam unit final drive.
Menanya
Mengajukan pertanyaan terkait tayangan atau simulasi atau hal-hal yang berhubungan dengan unit final drive.
Mengeksplorasi
· Menuliskan atau menyebutkan macam-macam unit final drive.
· Membuat perbandingan kelebihan jenis-jenis unit final drive.
Mengasosiasi
Membuat kesimpulan tentang kelebihan dan kekurangan jenis-jenis unit final drive.
Mengkomunikasikan
Menerapkan prosedur yang benar cara penganan unit final drive.
|
Tugas
1.Membuat rangkuman tentang unit final drive ( macam, cara kerja, komponen)
2. Membuat laporan praktek unit final drive.
Observasi
Mengamati keaktifan siswa dalam melakukan praktik
Portofolio
Laporan praktek dinilai berdasarkan kelengkapan ulasan berdasarkan praktek yang dilakukan.
Tes
Pilihan Ganda/Essay
|
40 JP
|
Buku bacaan yang relevan, contoh :
M. Abdullah Nurhidayat Pemeliharaan/Servis Kopling Differensial. Yrama Widya.
Media internet,
|
3.4. Memahami poros penggerak roda
4.4. Memelihara Poros Penggerak Roda
|
· Identifikasi poros penggerak roda/drive shaft
· Pemeliharaan poros penggerak roda/drive shaft dan komponen-komponennya.
· Perbaikan poros penggerak roda/drive shaft dan komponen-komponennya
|
Mengamati
Tayangan atau simulsi macam-macam poros penggerak roda.
Menanya
Mengajukan pertanyaan terkait tayangan atau simulasi atau hal-hal yang berhubungan dengan poros penggerak roda.
Mengeksplorasi
· Menuliskan atau menyebutkan macam-macam poros penggerak roda.
· Membuat perbandingan kelebihan jenis-jenis poros penggerak roda.
Mengasosiasi
Membuat kesimpulan tentang kelebihan dan kekurangan jenis-jenis poros penggerak roda.
Mengkomunikasikan
Menerapkan prosedur yang benar cara penganan poros penggerak roda.
|
Tugas
1.Membuat rangkuman tentang poros penggerak roda ( macam, cara kerja, komponen)
2. Membuat laporan praktek poros penggerak roda.
Observasi
Mengamati keaktifan siswa dalam melakukan praktik
Portofolio
Laporan praktek dinilai berdasarkan kelengkapan ulasan berdasarkan praktek yang dilakukan.
Tes
Pilihan Ganda/Essay
|
30 JP
|
Buku bacaan yang relevan, contoh :
DIREKTORAT PENDIDIKAN MENENGAH KEJURUAN
DIREKTORAT JEN
DERAL PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH
DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL, 2004
Modul Pemeliharaan/servis Poros penggerak Roda.
SATNUR WASKITO,S.Pd Perbaikan Poros Penggerak Roda Kelas XI., SAKTI, media internet
|
3.5. Memahami sistem rem
4.5.Memelihara Sistem Rem
|
· Identifikasi sistem rem dan komponennya
· Pemeliharaan sistem rem dan komponennya sesuai SOP
· Perbaikan sistem rem dan komponennya
· Overhaul sistem rem
|
Mengamati
Tayangan atau simulsi macam-macam sistem rem.
Menanya
Mengajukan pertanyaan terkait tayangan atau simulasi atau hal-hal yang berhubungan dengan sistem rem.
Mengeksplorasi
· Menuliskan atau menyebutkan macam-macam sistem rem.
· Membuat perbandingan kelebihan jenis-jenis sistem rem.
Mengasosiasi
Membuat kesimpulan tentang kelebihan dan kekurangan jenis-jenis sistem rem.
Mengkomunikasikan
Menerapkan prosedur yang benar cara penganan sistem rem.
|
Tugas
1.Membuat rangkuman tentang sistem rem ( macam, cara kerja, komponen)
2. Membuat laporan praktek sistem rem.
Observasi
Mengamati keaktifan siswa dalam melakukan praktik
Portofolio
Laporan praktek dinilai berdasarkan kelengkapan ulasan berdasarkan praktek yang dilakukan.
Tes
Pilihan Ganda/Essay
|
3.6. Memahami sistem kemudi
4.6. Memelihara Sistem
Kemudi
|
·
Identifikasi sistem kemudi
·
Pemeriksaan kondisi sistem/ komponen kemudi
·
Perbaikan berbagai jenis
sistem kemudi
|
Mengamati
Tayangan atau simulsi macam-macam sistem kemudi.
Menanya
Mengajukan pertanyaan terkait tayangan atau simulasi atau hal-hal yang
berhubungan dengan sistem
kemudi.
Mengeksplorasi
·
Menuliskan atau menyebutkan
macam-macam sistem kemudi.
·
Membuat perbandingan kelebihan
jenis-jenis sistem kemudi.
Mengasosiasi
Membuat kesimpulan tentang kelebihan
dan kekurangan jenis-jenis sistem kemudi.
Mengkomunikasikan
Menerapkan prosedur yang benar cara penganan sistem
kemudi
|
Tugas
1.Membuat rangkuman tentang sistem
rem ( macam, cara kerja, komponen)
2. Membuat laporan praktek sistem
rem.
Observasi
Mengamati keaktifan siswa dalam
melakukan praktik
Portofolio
Laporan praktek dinilai berdasarkan
kelengkapan ulasan berdasarkan praktek yang dilakukan.
Tes
Pilihan Ganda/Essay
|
36 JP
|
Buku bacaan yang
relevan, contoh :
Rohidin, S.Pd., 2012,
Perbaikan Sistem Kemudi Kelas XI, SAKTI
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar