Selasa, 03 Oktober 2017

RPP KURIKULUM 2013

   A.   Kompetensi Inti
KI 1 :   Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI   KI 2 :  Mengembangkan perilaku ( jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif) dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI   KI3 :  Memahami dan menerapkan pengetahuan factual, konseptual, dan procedural dalam pengetahuan, teknologi, seni, budaya dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab phenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah
KI  KI4 :  Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang di pelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
 B.   KOMPETENSI DASAR
Kompetensi Dasar
Indikator
1.1         Lingkungan hidup dan sumber daya alam sebagai anugrah Tuhan yang maha Esa harus dijaga keletarian dan kelangsungan hidupnya.
1.2         Pengembangan dan penggunaan teknologi dalam kegiatan belajar harus selaras dan tidak merusak dan mencemari lingkungan, alam dan manusia
2.1          Menunjukkan sikap cermat dan teliti dalam menginterpretasikan pengertian perawatan berkala  Pemeliharaan Sasis dan Pemindah Tenaga Kendaraan Ringan
M     Menunjukkan sikap cermat dan teliti dalam memahami filosofi sebuah perawatan dan perbaikan
2.3         Menunjukkan sikap disiplin dan tanggung jawab dalam mengikuti langkah-langkah perawatan sesuai dengan SOP
2.4         Menunjukkan sikap peduli terhadap lingkungan melalui kegiatan yang berhubungan dengan pemeriksaan, perawatan dan perbaikan Sasis dan Pemindah Tenaga Kendaraan Ringan
3.1 Memahami unit kopling                        
                                                                                                                                                         







4.1 Memelihara mekanisme Kopling


         3.1.1. Menjelaskan  komponen-komponen unit  kopling dan sistem pengoperasiannya

         3.12 Menjelaskan cara pemeliharaan/servis unit kopling dan komponen-komponen sistem pengoperasian sesuai SOP
        3.13. . Menjelaskan cara Perbaikan sistem kopling dan komponennya
        3.14  Menjelaskan cara Overhaul sistem kopling dan komponennya,analisis gangguan dan perbaikan gangguan
        4.11  Terampil menunjukkan komponen-komponen unit kopling l dan sistem pengoperasiannya
        4.12 Terampil melakukan pemeliharaan/servis unit kopling dan komponen-komponen sistem pengoperasian sesuai SOP
        4.13 Terampil melakukan Perbaikan sistem kopling dan komponennya
        4.14Terampil melakukan Overhaul sistem kopling dan komponennya,analisis gangguan dan perbaikan gangguan

    C. TUJUAN PEMBELAJARAN
 Dengan kegiatan diskusi, pembelajaran kelompok dan pembelajaran praktek dalam pembelajaran unit kopling dan mekanisme kopling diharapkan siswa dapat terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran , bertanggung jawab dalam menyampaikan pendapat, menjawab pertanyaan, memberi kritik dan saran dan bisa bekerja sama dalam kelompok serta dapat :

1. Menjelaskan  komponen-komponen unit  kopling  dan sistem pengoperasiannya dengan bahasa sendiri.
2. Menjelaskan cara pemeliharaan/servis unit kopling dan komponen-komponen sistem pengoperasian sesuai SOP
3. Menjelaskan cara Perbaikan sistem kopling dan komponennya
4. Menjelaskan cara Overhaul sistem kopling dan komponennya, analisis gangguan dan perbaikan gangguan
5. Terampil menunjukkan komponen-komponen unit  kopling dan sistem pengoperasiannya
6.      Terampil melakukan pemeliharaan/servis unit kopling dan komponen-komponen sistem pengoperasian sesuai SOP
7.      Terampil melakukan Perbaikan sistem kopling dan komponennya
8.      Terampil melakukan Overhaul sistem kopling dan komponennya,analisis gangguan dan perbaikan gangguan

D. MATERI PEMBELAJARAN
1. Identifikasi komponen-komponen unit kopling dan sistem
    pengoperasiannya
2. Pemeliharaan/servis unit kopling dan komponen-komponen
    sistem pengoperasian sesuai SOP
3.  Perbaikan sistem kopling dan komponennya
    4.   Overhaul sistem kopling dan komponennya,analisis gangguan
          dan perbaikan gangguan
5.  MODEL/METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan pembelajaran adalah pendekatan saintifik. Pembelajaran koperatif menggunakan kelompok diskusi yang berbasis masalah.
6. ALAT/MEDIA
     1. Lembar kerja siswa
     2. Bahan tayang/power point
     3.  Lembar penila  ian
7.  SUMBER BELAJAR
       1. Buku siswa mata pelajaran “Pemeliharaan Chasis dan
     Pemindah Tenaga Kendaraan Ringan” kelas XI halaman 147- 186.
2.         Buku “New Step 1”, Toyota Astra Motor ,Jakarta, halaman 190-195.
3.         Buku “Pedoman Reparasi Chasis Dan Bodi Toyota Kijang”PT Toyota Astra Motor Jakarta, halaman CL 2 – CL 10.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RENCAN PROGRAM PENGAJARAN PSPTKR